Activity Feed Forums MPTI12: Booster #2 DSTB12: Estimating Your Project Costs Reply To: DSTB12: Estimating Your Project Costs

  • Luthfi Hakim Irawan

    Member
    25/02/2023 at 20:00

    Artikel tersebut berpendapat bahwa proyek Agile sebaiknya dibuat anggarannya(budgeting) daripada diperkirakan(estimating). Hal tersebut menjelaskan bahwa membuat anggaran memberikan pandangan yang lebih akurat dan realistis tentang biaya proyek, karena melibatkan analisis rinci setiap item yang harus dimasukkan dalam anggaran. Sebaliknya, memperkirakan seringkali didasarkan pada asumsi dan rata-rata, yang dapat menyebabkan proyeksi yang tidak akurat dan cenderung akan menyebabkan kesalahan.

    Perbedaan utama antara membuat anggaran dan memperkirakan terletak pada pendekatan mereka. Pembuatan anggaran adalah proses yang lebih terstruktur dan lengkap yang melibatkan memecah proyek menjadi bagian-bagian yang lebih kecil dan dapat dikelola lebih mudah. Ini memungkinkan analisis rinci dari setiap komponen, termasuk biaya dan jadwal waktu yang terkait. Sebaliknya, estimating adalah proses tingkat tinggi yang memberikan perkiraan kasar tentang total biaya dan jadwal waktu proyek berdasarkan asumsi dan rata-rata.

    Dalam artikel tersebut, proses pembuatan anggaran melibatkan beberapa langkah, termasuk mengidentifikasi lingkup proyek, memecahnya menjadi bagian-bagian yang lebih kecil, memperkirakan biaya setiap item, dan kemudian menggabungkan biaya ke dalam anggaran proyek secara keseluruhan. Pendekatan ini memastikan bahwa semua biaya diperhitungkan serta membantu mengidentifikasi area-area potensial di mana penghematan biaya dapat dicapai. Sebaliknya, estimating biasanya melibatkan penggunaan data historis atau penilaian ahli untuk mencapai angka kasar untuk total biaya proyek.

    Secara keseluruhan, perbedaan utama antara membuat anggaran dan memperkirakan adalah tingkat detail dan akurasi yang mereka berikan. Pembuatan anggaran memberikan pandangan yang lebih rinci tentang biaya proyek, yang memungkinkan kontrol dan manajemen sumber daya yang lebih baik. Sebaliknya, memperkirakan adalah proses yang lebih rumit yang memberikan perkiraan kasar tentang biaya dan jadwal waktu proyek, yang dapat berguna untuk tujuan perencanaan tetapi belum tentu cukup untuk mencapai tujuan pembuatan anggaran dan manajemen proyek.